Apa itu Gout Arthritis ?


Gout Arthritis


Gout arthritis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat berlebih karena penumpukan purin atau ekskresi metabolisme ginjal yang kurang, deposisi kristal asam urat pada sekitar sendi dan tulang yang bersifat primer maupun skunder dan heterogen hiperurisemia peninggian  kadar asam urat lebih dari nilai normal.

Penyakit ini juga mempengaruhi sendi-sendi lain seperti sendi kaki, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan sampai ke ujung jari jemari tangan dan kaki sehingga seluruh persendian terasa sakit


Tanda & Gejala Gout Arthritis?

  • Persendi  tangan, kaki terasa  sakit, bahkan seluruh persendian tubuh bisa terasa sakit pegal-pegal diseluruh badan.

  • Kesulitas untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di dikaki.

  • Nyeri semakin bertambah hebat jika disertai peradangan atau bengkak  kemerahan, kebiruan dibagian- bagian tertentu pada persendian jari tangan maupun jari kaki, bila terjadi pembengkakan akan terasa panas, serta muncul warna kemerah-merahanan pada kulit.

  • Saat gejala mereda, pembengkakan dan peradangan mengecil, kulit disekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.


Penyebab Gout Arthritis?

  1. Memakan makanan yang mengandung zat purin terlalu sering dan terlalu banyak. 
  2. Sering mandi malam dengan air dingin.
  3. Sehabis makan Langsung tiduran tanpa aktivitas. 
  4. Sering atau terlalu lama menggunakan obat- obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislospor-inn, dan obat-obatan kemoterapi.


Pencegahan Gout Arthritis?

  1. Hindarilah makan makanan yang memiliki zat
  2. Purin,  seperti kacang- kacangan terlalu sering atau banyak. 
  3. Perbanyak Minum Air Putih.
  4. Usahakan tidak mandi malam dengan air dingin karena dapat merespon sensasi syaraf pada persendian sehingga pegal linu atau nyeri.
  5. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol karena alkohol dapat merusak ginjal.
  6. Rutinlah  berolahraga!!!. 

PENTINGNYA MENJAGA KADAR ASAM URAT DBN 

Untuk mencegah asam urat agar tidak kambuh kembali bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Dengan menjaga perilaku dan menghindari kebiasaan pemicu asam urat, serta rutin men-gkonsumsi obat terbukti ampuh menurunkan kadar asam urat.

Tetaplah kontrol runtin walaupun sudah sembuh, tetap patuhi dan jalankan pola hidup sehat sehari-hari dengan menghindari atau mengurangi makanan yang bersifat mengandung kadar purin. 
Sehat itu mahal sehat itu rejeki dan anugrah dari Tuhan yang harus disyukuri dengan menjaganya !!! 


KAPAN HARUS KE DOKTER..??

Jika memiliki beberapa gejala asam urat sepertiyangdisebutkan diatas yang berlangsung lama atau malah menjadi lebih parah,  segera  periksakan diri andake dokter terdekat atau KE RSUD BANYUMAS,  agar terdeteksi dan terobati dengan cepat & tepat. 

0 Komentar