Workshop Review Panduan Praktek Klinik (PPK) dan Hospital Based Registry Thalasemia

Workshop Review Panduan Praktek Klinik (PPK) dan Hospital Based Registry Thalasemia

BANYUMAS - RSUD Banyumas merupakan Rumah sakit (RS) yang Pemberi Pelayanan dan juga RS Pendidikan. RSUD Banyumas untuk Pelayanan RS Pendidikan bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).


Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan maupun Peningkatan Mutu RS Pendidikan di RSUD Banyumas, selama 2 hari secara berturut turut pada hari JUmat-Sabtu, 28-29 Mei 2021 bertempat di Ruang Aula Komite Medis RSUD Banyumas, RSUD Banyumas Bagian DIKLAT, LITBANG dan Peningkatan Mutu bekerja sama dengan RSUD Sardjito dengan KSM Anak di selenggarakan kegiatan Workshop Review Panduan PPK dan Hospital Based Registry Thalasemia, Program Kegiatan Capacity Building dalam Kerjasama Sister Hospital.

Undangan Sekitar 28 Orang dari Profesional Pemberi Asuhan (PPA) Dokter, Perawat, Farmasi dan Bagian Penunjang. Kegiatan ini di motori oleh KSM Anak RSUD Banyumas.

Materi yang di sampaikan pada hari Pertama tentang PPK Thalasemia, Hemofilia, AIHA dan ITP

Materi hari ke-2, Sabtu 29 Mei 2021 

Paparan Internal RSUD Banyumas tentang Kegiatan Pelayanan dan Registrasi Thalasemia di RSUD Banyumas.

di Lanjutkan Pemberian Materi oleh Narasumber dari RSUP Dr. Sardjito,a dapun materinya kurang lebihnya adalah,

1. Materi tentang Hospital and Population Based Registry

2. Pengalaman Pelaksanaan Registrasy Thalasemia di RSUP Dr.Sardjito. 

oleh Narasumber dr. Pudjo Hagung Widjayanto,Ph.D.,Sp.A(K).


Setelah penyampaian materi di lanjut kegiatan diskusi Register Thalasemia yang akan di kembangkan di RSUD Banyumas oleh peserta, kemudian di lanjutkan kegiatan Praktek,

Praktek 1 : Desain Register Dengan Format Excel

Praktek 2 : Simulasi Pelaksanaan Registrasi


Pelayanan Thalasemia di RSUD Banyumas pada bulan April 2021 ini RSUD Banyumas melayani Pasien Thalasemia BPJS Non PBI dengan pemberian Tranfusi darah sekitar 322, Obat sekitar 191, untuk BPJS Non PBI ini sejumlah  513.

BPJS PBI dengan Pemberian Tranfusi darah sekitar 267 dan Obat 157, BPJS PBI sejumlah 424,

Pasien Umum 2 Orang


Kegiatan Pada kali ini point terpenting dengan tujuan dan Harapan bahwa Mutu Pelayanan Pasien Thalasemia di RSUD Banyumas semakin baik, demikian kata dr.Junaedi di akhir sambutannya.

0 Komentar