Penyuluhan Kesehatan Prognas - TBC

Penyuluhan Kesehatan Prognas TBC

Kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Tim PKRS kepada Pasien, Keluarga yang Kontrol  Poli Penyakit Dalam dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Januari 2022. 

Bertempat di depan poli penyakit dalam Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan edukasi promkes, tampak keluarga peserta memperhatikan apa yang disampaikan oleh pemateri.

Adapun tema yang dibawakan adalah program nasional TBC dengan pembicara Soeratno, Kepala Instalasi PKRS. Menjelaskan secara runtut Apa itu TB Paru, Tanda Gejala, Penyebab, Penanganan dan Pencegahan TBC Paru.

Penyuluhan Kesehatan Prognas TBC

"TBC merupakan Program Nasional di bidang Kesehatan, di sebabkan oleh Kuman TBC, Pengobatan Jangka panjang, perlu Pengawas Minum Obat-PMO, Minum OAT sesuai Anjuran dokter jangan DO/Menghentikan OAT sepihak atau berhenti atas kemauan sendiri, kalau berhenti OAT / Putus OAT di tengah jalan resikonya lebih banyak-salah satunya adalah MDR-Multi Drug Resisitensi" tutur Soeratno 

Salah satu peserta penyuluhan menanyakan tentang jam tidur normal,

"Untuk Tidur Normal itu berapa Jam dan untuk istirahat normal siang hari berapa jam?" tanya keluarga pasien

Soeratno menjawab : "Untuk tidur normal ukuran orang dewasa adalah sekitar 6 jam Sedangkan untuk istirahat normal siang hari sekitar 30 menit atau maksimal 1 jam (ISOMA – Istirahat Sholat dan Makan)"

Penyuluhan Kesehatan Prognas TBC

Kegiatan penyuluhan kesehatan berjalan dengan lancar tanpa halangan, sebelum acara penyuluhan di tutup, kepala intalasi PKRS menyampaikan "terima kasih atas kepercayaan pasien dan keluarga kepada RSUD Banyumas dalam upaya ikhtiar pengobatannya. Tetap semangat dan jaga kesehatan".

0 Komentar