Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Bayi Baru Lahir

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Baru Lahir 01

Banyumas - Kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Tim PKRS Ruang Dahlia bekerjasama dengan Mahasiswa Profesi Ners Unsoed diselenggarakan di Ruang DahliaRSUD Banyumas hari Sabtu (12-03-2022).

Tema penyuluhan adalah "Perawatan Bayi Baru Lahir" dengan sasaran Pasien dan keluarga pasien Ruang Dahlia RSUD Banyumas. Sebagai pembicara adalah Kenanti Agustina dan Siti Aisah. 

Monalisa, S.Kep, Ns Kepala Ruang Dahlia sebagai fasilitator mengapresiasi kegiatan penyuluhan kesehatan ini.

Moderator Fiti Nurcahyani memperkenalkan pemateri dan menyampaikan sekilas kegiatan penyuluhan. 

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Baru Lahir

Pemateri pertama Kenanti Agustina menyampaikan tentang Tanda bayi baru lahir sehat, Perawatan tali pusat, Memandikan bayi baru lahir, Menidurkan Bayi dan Hal-hal yang perlu dihindari.

Tanda bayi baru lahir sehat :

1. Bayi lahir segera menangis

2. Bayi bergerak aktif

3. Warna kulit seluruh tubuh kemerahan

4. Bayi bisa menghisap Air Susu Ibu dengan Kuat

5. Berat lahir 2,5 - 4 Kg

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Baru Lahir

Siti Aisah Mahasiswa Profesi Ners Unsoed sebagai pemateri kedua menyampaikan tentang Infeksi Luka Operasi.

menyampaikan tentang pengertian Infeksi Luka Operasi, tanda dan gejala Infeksi Luka Operasi dan cara pencegahan Infeksi Luka Operasi


Infeksi Luka Operasi (ILO) atau Infeksi Tempat Pembedahan (ITP)/Surgical  Site Infection (SSI) adalah infeksi pada luka operasi atau organ/ruang yang terjadi dalam 30 hari paska operasi atau dalam kurun 1 tahun apabila terdapat implant. Sumber bakteri pada ILO dapat berasal dari pasien, dokter dan tim, lingkungan, dan termasuk juga instrumentasi. Infeksi ini harus dilakukan pengendalian untuk mencegah dan mengendalikan kejadian infeksi setelah tindakan operasi.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Baru Lahir

Kegiatan berlangsung selama 30 menit dengan peserta cukup banyak. Selama kegiatan juga tampak aktif, peserta ada yang bertanya menandakan ikut fokus memperhatikan materi.

Sesi penyuluhan selesai, dan di tutup dengan memberikan leaflet untuk dibawa pulang agar dapat dibaca, disimpan serta dibagikan kepada orang terdekat.

0 Komentar