Penyuluhan Kesehatan Instalasi Radiologi - USG Dopler


Banyumas - Kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Tim PKRS Instalasi Radiologi diselenggarakan di Depan Instalasi Radiologi RSUD Banyumas hari Rabu (18-05-2022).

Materi yang disampaikan adalah Informasi Tentang Ultrasonografi (USG) Dopler untuk pasien dan masyarakat dengan sasaran pasien dan keluarga pasien. Sebagai pembicara adalah Insaan Nadif.


Feni Indriati sebagai Moderator memperkenalkan pembicara serta menyampaikan materi sekilas tentang Apa itu USG


"Ultrasonografi (USG) adalah alat pemeriksaan dengan menggunakan ultrasound (gelombang suara) yang dipancarkan oleh transduser. Suara merupakan fenomena fisika untuk mentransfer energi dari satu titik ke titik yang lainnya sehingga mendapatkan gambaran yang jelas hampir semua bagian tubuh, kecuali bagian tubuh yang dipenuhi udara atau ditutupi tulang." tutur Feni


Pemateri penyuluhan, Insaan Nadif menyampaikan secara runtut tentang Pengertian USG, Manfaat Pemeriksaan USG, Apakah pemeriksaan dengan USG Aman, Pemeriksaan Dopler, Kelebihan USG Dopler, dan Jenis-jenis USG


Manfaat Pemeriksaan USG 

Dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi dan manfaat alat USG telah demikian luasnya. USG (ultrasonografi) adalah salah satu alat untuk memeriksa tubuh yang dianggap cukup akurat dan efektif untuk mengetahui kelainan patologis pada organ yang diperiksa. Karena kepraktisan dan keakuratannya maka USG banyak dipergunakan dokter untuk membantu penegakkan diagnosa pasien.


Apakah Pemeriksaan dengan USG aman?

Pencitraan diagnostik dengan menggunakan USG dinyatakan aman bahkan untuk seorang karena  ultrasound ibu hamil sekalipun, menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar manusia. Ultrasound mempunyai frekuensi lebih besar dari 20 kHz. Frekuensi yang digunakan dalam ultrasonografi diagnostik adalah antara 1 MHz hingga 15 MHz. Dengan frekuensi yang tinggi ini, ultrasound dijadikan peralatan diagnostik karena dapat memperlihatkan organ di dalam tubuh manusia baik yang diam atau bergerak.


Pemeriksaan USG Doppler

Doppler Ultrasonografi (USG Doppler) saat ini sudah menjadi alat/ sarana penunjang diagnostik pilihan untuk mendiagnosa aliran pada pembuluh darah Untuk darah. mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat dan efektif, maka diperlukan keterampilan khusus dalam pemeriksaan USG Doppler karena ketepatan hasil diagnostik sangat menentukan tindakan dan terapi selanjutnya yang harus dilakukan.


Kelebihan USG Doppler

1. Mampu mendeteksi aliran darah dan kecepatan aliran darah dengan efek Doppler

2. Mampu memberikan ruang informasi tentang ukuran, bentuk dan tingkat atau besarnya aliran darah atau gejala kelainan darah yang terjadi pada pembuluh darah (penyempitan/

stenosis, thrombus)

3. Mampu membedakan sifat tumor ganas atau jinak 


Kegiatan penyuluhan kesehatan berlangsung sekitar 15 menit, Selama kegiatan juga tampak aktif, peserta memperhatikan pemateri dengan baik.


Sesi penyuluhan selesai, dan di tutup oleh moderator, "Semoga sehat selalu, jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan." pungkas Feni Indriati

0 Komentar