Penyuluhan Kesehatan Ruang Unit Stroke - Stroke dan Dekubitus

 


Banyumas - Tim PKRS Unit Stroke mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Stroke dan  Dekubitus pada hari Rabu (18/10/2023) di depan ruang Unit Stroke. Kegiatan ini diikuti oleh keluarga pasien. 



Fauzy Dwi Septian, S. Kep. Ns selaku moderator membuka kegiatan penyuluhan. 



Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh perawat ruang unit stroke  Aris Susiono, S. Kep. 



Stroke merupakan keadaan tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan otak kekurangan nutrisi dan oksigen sehingga gerakan yang dikontrol oleh otak kehilangan peran atau fungsinya. 


Pada saat terjadi serangan stroke segera lihat apakah satu sisi wajah turun, salah satu lengan tidak bisa diangkat, dan bicara pelo. Jika ada tanda tersebut segera bawa ke fasilitas kesehatan. 



Setelah menjelaskan tentang Stroke, Aris Susiono, S. Kep. menyampaikan tentang Dekubitus atau Gangguan Integritas Kulit, yaitu keadaan dimana individu berisiko mengalami kerusakan jaringan epidermis dan dermis pada lapisan kulit. Dekubitus disebabkan karena adanya tekanan terus-menerus pada bagian tubuh yang menghambat aliran darah ke jaringan tubuh, adanya gesekan antara kulit dengan pakaian atau seprai secara terus-menerus, dan adanya pengelupasan. 



Pencegahan Dekubitus

  1. Tidak menggosok kulit bagian yang luka terlalu keras
  2. Menggunakan krim pelembab atau pelindung kulit
  3. Menjaga permukaan kulit agar selalu bersih dan kering
  4. Mencukupi asupan nutrisi terutama kalori dan protein
  5. Menggunakan pakaian yang halus dan dapat menyerap keringat. 


Penyuluhan berjalan dengan lancar dan peserta antusias mengikuti penyuluhan.

0 Komentar