Paguyuban Sayang Ginjal RSUD Banyumas Gelar Seminar Awam CAPD

dr. Rudi Kritiyanto Sp. B (Wakil Direktur Pelayanan RSUD Banyumas) membuka acara seminar

Banyumas - Paguyuban Sayang Ginjal RSUD Banyumas “Edelweis” menggelar Seminar Awam Continous Ambulatory Peritoneal Dialiysis (CAPD) dengan tema “Mengenal Lebih Dekat CAPD Sebagai Terapi Alternatif Gagal Ginjal Kronis Selain Hemodialisa”. Seminar tersebut digelar di Aula Pertemuan RSUD Banyumas Gedung Thalasemia Lantai III pada Kamis (14/12/2023).


Seminar tersebut diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari anggota Paguyuban Sayang Ginjal RSUD Banyumas “Edelweis”, pasien gagal ginjal kronis, dan tenaga kesehatan.



Dalam seminar tersebut, dr. HAIDAR ALATAS,   Sp. PD KGH.,FINASIM.,MH.,MM, selaku narasumber utama, menyampaikan materi tentang CAPD, yaitu metode cuci darah yang dilakukan lewat perut.


Dr. Haidar menjelaskan bahwa CAPD merupakan salah satu terapi alternatif untuk pasien gagal ginjal kronis selain hemodialisa. CAPD memiliki beberapa keunggulan dibandingkan hemodialisa, antara lain:


  1. Lebih fleksibel, karena pasien dapat melakukan CAPD di rumah.
  2. Lebih nyaman, karena pasien dapat melakukan CAPD sambil beristirahat.
  3. Lebih aman, karena risiko infeksi lebih rendah.


Selain dr. Haidar, seminar tersebut juga menghadirkan nara sumber dr. Gigih, Tulus Setiono, S.Kep. NS MPH dan seorang pasien gagal ginjal kronis yang telah melakukan treatment CAPD. Pasien tersebut menyampaikan testimoni tentang bagaimana, kapan, dan dampak yang dirasakan oleh dirinya setelah melakukan CAPD.


Testimoni dari pasien tersebut disambut dengan antusiasme peserta seminar. Banyak peserta yang bertanya kepada pasien tersebut tentang pengalamannya melakukan CAPD.


MC 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Sambutan Ketua Panitia

Sambutan Ketua Paguyuban
Sambutan dr. Rudi Wakil Direktur Pelayanan RSUD Banyumas


Moderator Seminar

Pemateri Tulus Setiono



Pemateri dr. Gigih Rahmandanu

Pemateri dr. Haidar






0 Komentar