Penyuluhan Kesehatan Ruang Arjuna - Peran Keluarga Dalam Mencegah Kekambuhan


 

Keluarga Berperan Penting dalam Mencegah Kekambuhan Gangguan Jiwa


Banyumas - Tim PKRS Ruang Arjuna RSUD Banyumas dan Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar penyuluhan kesehatan dengan tema "Peran keluarga dalam mencegah kekambuhan". Penyuluhan ini diikuti oleh pasien dan keluarga pasien yang dirawat di Ruang Arjuna.



Dalam penyuluhan tersebut, Ratna Trisnawati, S. Kep. Ns selaku fasilitator menyampaikan bahwa keluarga memiliki peran penting dalam mencegah kekambuhan gangguan jiwa. Keluarga dapat berperan sebagai:


  1. Pemberi perawatan utama dalam mencapai pemenuhan kebutuhan dasar dan mengoptimalkan ketenangan jiwa bagi pasien.
  2. Pendukung utama dalam proses pengobatan dan pemulihan pasien.
  3. Pemberi informasi dan edukasi kepada pasien tentang gangguan jiwa dan cara pencegahannya.


Moderator pada kegiatan penyuluhan kesehatan kali ini adalah Naufal Hanif dan Pemberi materi penyuluhan kesehatan adalah  Riska Agustin yang memberikan penjelasan dengan baik.



Riska Agustin menyampaikan apa itu Pengertian  kesehatan jiwa, Pengertian gangguan jiwa, Penyebab gangguan jiwa, Ciri-ciri gangguan jiwa, Fungsi keluarga dalam mencegah gangguan jiwa, Fungsi keluarga dalam mencegah kekambuhan, Perawatan klien dengan gangguan jiwa dalam keluarga  


Gangguan  jiwa  adalah  kumpulan  dari  keadaan-keadaan  yang tidak  normal, baik yang berhubungan dengan fisik, maupun dengan mental. 



Peran Keluarga Dalam Perawatan Gangguan Jiwa antara lain :  

  1. Keluarga  merupakan  lingkup  yang  paling  banyak  berhubungan dengan pasien 
  2. Pasien yang mengalami gangguan jiwa nantinya akan kembali kedalam masyarakat; khususnya dalam lingkungan keluarga 
  3. Keluarga merupakan pemberi perawatan utama dalam mencapai pemenuhan kebutuhan dasar dan  mengoptimalkan ketenangan  jiwa  bagi  pasien. 
  4. Gangguan jiwa mungkin memerlukan terapi yang cukup lama, sehingga pengertian dan kerjasama    keluarga    sangat    penting   artinya    dalam pengobatan 
  5. Pasien yang mengalami gangguan jiwa adalah manusia yang sama dengan  orang  lainnya;  mempunyai  martabat  dan  memerlukan perlakuan manusiawi 
  6. Pasien  yang  mengalami  gangguan  jiwa  mungkin  dapat  kembali  ke masyarakat  dan  berperan  dengan  optimal  apabila  mendapatkan dukungan yang memadai dari seluruh unsur masyarakat. 
  7. Pasien gangguan jiwa bukan berarti tidak dapat “sembuh” 
  8. Pasien  dengan  gangguan  jiwa  tidak  dapat  dikatakan  “sembuh” secara utuh, tetapi memerlukan bimbingan dan dukungan penuh dari orang lain (dan keluarga)



Penyuluhan kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keluarga tentang pentingnya peran mereka dalam mencegah kekambuhan gangguan jiwa.

0 Komentar