Pertemuan Koordinasi Peningkatan Mutu Rumah Sakit, Paparan Hasil Pelatihan Pelayanan Prima Berbasis Softskill

 

Membangun Budaya Pelayanan Prima: RSUD Banyumas Siap Tingkatkan Kepuasan Pasien
Membangun Budaya Pelayanan Prima: RSUD Banyumas Siap Tingkatkan Kepuasan Pasien

Banyumas  - RSUD Banyumas terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan menggelar Pertemuan Koordinasi Peningkatan Mutu Rumah Sakit pada hari Selasa (25/6/2024).


Pertemuan yang dihadiri oleh lintas bidang dan bagian di RSUD Banyumas ini menjadi wadah untuk membahas berbagai upaya peningkatan mutu layanan. Acara ini diisi dengan Paparan Hasil Pelatihan Pelayanan Prima Berbasis Softskill oleh Puji Lestari, S.Kep., Ns., yang telah mengikuti pelatihan di Bapelkes Semarang pada tanggal 19 Februari - 6 Maret 2024.



Dalam paparannya, Puji Lestari menjelaskan tentang makna Pelayanan Prima yaitu pelayanan yang terbaik dan bermutu, memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, sehingga mereka merasa puas.


Berbagai faktor yang dapat menyebabkan keluhan pasien, seperti respon lambat, pelayanan tidak teliti, sikap acuh atau kasar dari karyawan, kurangnya kemampuan komunikasi, ekspresi wajah yang tidak ramah, kata-kata yang tidak menyenangkan, dan sikap karyawan yang lebih mengutamakan keuntungan daripada memanusiakan pasien.


Puji Lestari juga membagikan tips dan upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan komunikasi yang efektif dengan pasien, seperti mengenal lawan bicara, menjadi pendengar yang baik, menggunakan bahasa tubuh yang menarik, tidak melakukan komunikasi berlebihan, bersikap santai dan berpikiran positif.


Di akhir paparannya, Puji Lestari menyampaikan pesan inspiratif: "Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat untuk orang lain. Tidak ada kebaikan yang sia-sia, semua akan kembali ke pemiliknya dengan bentuk kebaikan juga."



Pertemuan ini dilanjutkan dengan diskusi dan arahan dari Ibu Direktur RSUD Banyumas dokter Dani Esti Novia, Wakil Direktur Pelayanan (Wadiryan) dr. Rudy Krisitanto dan Wakil Direktur Umum (Wadirum) Slamet Setiadi. Mereka menekankan pentingnya kerjasama dan komitmen dari seluruh pihak untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.


Pertemuan Koordinasi Peningkatan Mutu Rumah Sakit ini merupakan bukti nyata komitmen RSUD Banyumas untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. Dengan kerjasama dan semangat yang tinggi, RSUD Banyumas yakin dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan memuaskan bagi seluruh masyarakat.


Moderator

Notulen - Siti Amanah

Puji Lestari menyampaikan Paparan 












Download Materi Pelatihan Pelayanan Prima Berbasis Softskill


0 Komentar