Launching Alat PCR di RSUD Banyumas

Peresmian alat PCR RSUD Banyumas


BANYUMAS - Hari ini Rabu (16/12/2020) bertempat di Instalasi Laboratorium RSUD Banyumas,Direktur RSUD Banyumas dan Jajaran menagement,membuka Pelayanan Baru di Instalasi laboratorium RSUD Banyumas yaitu Pemeriksaan Polymerase Chain Reaction atau sering orang Menyebutnya PCR.

PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

Material genetik yang ada di dalam setiap sel, termasuk di dalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) atau RNA (RiboNucleic Acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya.

Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

COVID-19 adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang lebih sering disebut virus Corona.

Virus Corona penyebab COVID-19 ini merupakan jenis virus RNA.

Direktur RSUD Banyumas Dr Dani Esti Novia mengatakan Sungguh Kita sangat Beruntung,Kita semua berterima kasih kepada Bapak Bupati Banyumas,Beliaunya sangat konsent terhadap Penanganan Covid-19 di Kabupaten Banyumas.

RSUD banyumas sebagai Rujukan Pasien Covid-19 lini I di Jawa Tengah yang mengampu beberapa Kabupaten dan Bapak Bupati sangat Memperhatikan ketersediaan sarana prasarana untuk mendukung pelayanan yang cepat dan memudahkan bagi Masyarakat,atas dukungan Beliau Bapak Bupati beserta Jajaranya dan Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) telah memberikan anggarannya sehingga PCR dapat kita dapatkan yang dalam proses pengadaan sampai dengan selesai ini di dampingi oleh APIP (Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah) maupun APH (Aparat Penegah Hukum), Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik dan harapan kami tidak ada permasalahan di kemudian harinya,karena sekali lagi semua ini adalah untuk kepentingan pelayanan masyarakat secara luas,di mana keberadaan PCR ini adalah untuk mempercepat diagnosa dan mempercepat Kepastian pasien pasien yang di Swab yang terinfeksi Corona Virus ini.

Dan apabila ada kendala kendala terkait dengan Pelayanan Laboratorium khususnya PCR dan permasalahan Laboratorium di RSUD Banyumas secara umum kami siap mendukung dan membantu mengatasinya.

Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerja sama dalam kegiatan pengadaan PCR ini.

Hari ini Rabu (16/12/2020) : " Kami Buka Pelayanan PCR di RSUD Banyumas, Dengan Anggaran BTT (Belanja Tidak Terduga) Kabupaten Banyumas."

Semoga PCR ini dapat bermanfaat untuk menegakan diagnose dengan cepat dan dapat di Manfaatkan dengan baik.Demikian pesan Direktur RSUD Banyumas di sesi akhir sambutanya.

Acara peresmian pembukaan Pelayanan PCR di Instalasi Laboratorium ini di tutup dengan Direktur RSUD Banyumas dan jajaranya keliling masuk ke dalam Ruang PCR dan melihat sarana prasarana yang ada.


Simak Video Lengkapnya di Channel Youtube RSUD Banyumas berikut ini : 



0 Komentar