Perkuat Tata Kearsipan, RSUD Banyumas Gelar Bintek Fasilitasi Penataan Arsip

Perkuat Tata Kearsipan, RSUD Banyumas Gelar Bintek Fasilitasi Penataan Arsip


BANYUMAS – Kearsipan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah penyelenggaraan kedinasan khususnya dibawah pementintah baik pusat maupun daerah. Dinamisnya penataan kearsipan menuntut semua dinas untuk beradaptasi dan mengikuti perubahan tuntutan yang ada. Untuk menjawab dinamisasasi tersebut, manajemen RSUD Banyumas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitasi Penataan Arsip yang diselenggarakan di ruang Aula Komite Medis RSUD Banyumas. Bimtek yang direncanakan dilaksanakan selama 4 hari ini yaitu tanggal 8-10 Maret 2021 dan 15 Maret 2021 ini dihadiri oleh jajaran struktural dan kepala ruang serta instalasi yang ada. 


Manajemen secara langsung mendatangkan tim dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Banyumas. Tim Arpusda mendatangkan 4 orang dengan dipimpin oleh Kepala Bidang Pembinaan, Pengembangan dan Pengawasan Kerasipan, Marmono Aji, SH.


Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Wakil Direktur Umum (Wadirum), dr. Noegroho Harbani, Sp.S, disampaikan bahwa adanya penyelenggaraan bimtek ini salah satunya didasari akan masih lemahnya penataan arsip dan asset di RSUD Banyumas.


“Dengan adanya bimtek ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan kearsipan dan pemahaman undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kerasipan” katanya.


Wadirum juga menyampaikan bahwa materi yang akan diterima nantinya diimplementasi pada kegiatan lomba Gerakan Rumah Sakit Bersih dan Tertib (GRSBT) pada penilaian tahap ke-2.


Sebelum secara resmi membuka acara, Direktur RSUD Banyumas, dr. Dani Esti Novia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan di RSUD Banyumas yang saat ini masih belum memiliki ruang arsip secara khusus walaupun dalam perjalanannya sedang dalam persiapan pengadaan ruang khusus arsip.


“Pengarsipan yang sudah berjalan dengan baik ada di bagian rekam medic dan juga dibagian keuangan” jelasnya.


Direktur berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan dengan baik kegiatan yang dilaksanakan agar nantinya pengelolaan arsip yang ada di RSUD Banyumas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Setelah pembukaan, acara langsung diteruskan dengan pemaparan materi dari Tim Arpusda.

0 Komentar