Baksos di Desa Kedunggede, Ratusan Lansia Ikuti Skrining Kesehatan

Baksos di Desa Kedunggede, Ratusan Lansia Ikuti Skrining Kesehatan

BANYUMAS - Dalam upaya pengabdian dan pemenuhan hak kesehatan masyarakat, bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kedunggede Kecamatan Banyumas menggelar skrining dan Pemeriksaan Fisik kesehatan bagi masyarakat lansia. Bertempat di Aula Desa Kedunggede, ratusan lansia menjalani rangkaian skrining kesehatan diantaranya pengecekan suhu tubuh, tensi darah, berat badan, cek gula darah, konsultasi dokter, konsultasi Apoteker dan konsultasi ahli gizi.


Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (8/4/2021) pagi diisi dengan materi penyuluhan yang disampaikan oleh Wakil Direktur Umum, dr. Noegroho Harnani, M.Sc., Sp.S.


Setelahnya para lansia yang mendapat undangan sebelumnya, melakukan rangkaian skrining  dengan melewati meja pemeriksaan yang telah disiapkan panitia. 


Soeratno, AMK, selaku Koordinator kegiatan menyampaikan bahwa ini adalah kali ke-2 tim Baksos rumah sakit melakukan skrining dan pemeriksaan fisik kesehatan dan pelayanan Konsultasi untuk masyarakat lansia. Sebelumnya tim melakukan hal yang sama di wilayah Desa Kejawar. Kegiatan ini Bakti Sosial (Baksos) merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun RSUD Banyumas yang ke-96.


“Tim Baksos yang diterjunkan sangat lengkap, mulai dari pemeriksaan sampai dengan konsultasi dokter dan perawat serta gizi dan obat, kalau diibaratkan seperti rumah sakit mini” katanya.


Dia juga menambahkan bahwa kegiatan ini salah satu implementasi dari tema besar peringatan ulang tahun yang diusung RSUD Banyumas yaitu “Gumregah Melayani, Dadi Kebanggaane Wong Banyumas”.


Sarpin (69) salah seorang peserta skrining dan pemeriksaan Fisik kesehatan mengatakan bahwa kedepannya berharap untuk lansia, dibidang kesehatan  agar lebih terprioritaskan lagi.

“Sangat Luar biasa, berbahagia, senang dengan adanya acara ini” katanya ketika ditanya tentang perasaannya terkait kegiatan hari ini.


Selain tim dari rumah sakit, kegiatan skrining kesehatan lansia ini juga didukung penuh oleh perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas, bidan desa dan para kader di Desa Kedunggede dengan ikut terjun langsung dalam mengatur proses alur pemanggilan lansia.

0 Komentar