Penyuluhan Kesehatan Ruang Perina - Perawatan Tali Pusar

Banyumas - Kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema Perawatan Tali Pusar bertempat di Ruang Pertemuan Perina hari Rabu, 18 Mei 2022. Target peserta adalah keluarga pasien ruang Perina .  Sebagai fasilitator adalah Sri Giyarti yang membuka acara dan menginformasikan rangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan pada kali ini.   "Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah peserta dapat mengetahui cara perawatan tali pusar". ucap Sri Giyarti selaku koordinator pkrs ruang perina  Moderator pada kegiatan penyuluhan kesehatan kali ini adalah Rifki Sidiq dan Pemberi materi penyuluhan kesehatan adalah Yuni Arisandi yang memberikan penjelasan dengan baik dan runtut.   Yuni Arisandi menyampaikan Pengertian Perawatan tali pusar, tanda dan gejala infeksi tali pusar dan cara merawat tali pusar  "Perawatan tali pusar adalah cara merawat tali pusar bayi baru lahir sejak di potongnya tali pusar mengering dan lepas yang bertujuan untuk mencegah infeksi."  Tanda dan gejala infeksi tali pusar : pangkal tali pusar dan sekitarnya berwarna merah/bengkak. Keluar cairan yang berbau dan bernanah, ada darah yang terus keluar, kejang.  Cara merawat tali pusar: Mencuci tangan dengan air bersih Siapkan kapas/kasa dan air hangat Masukan kasa ke dalam air hangat Bersihkan tali pusar dan daerah sekitar tali pusar  Keringkan tali pusar dan biarkan terbuka  Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa halangan, peserta juga tampak aktif mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini.  Sebelum di tutup kegiatan, Pemateri berpesan kepada ibu bayi supaya lebih sabar, tetap semangat, dan jaga kesehatan selama menunggu bayi.

Banyumas - Kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema Perawatan Tali Pusar bertempat di Ruang Pertemuan Perina hari Rabu, 18 Mei 2022. Target peserta adalah keluarga pasien ruang Perina .

Sebagai fasilitator adalah Sri Giyarti yang membuka acara dan menginformasikan rangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan pada kali ini. 

"Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah peserta dapat mengetahui cara perawatan tali pusar". ucap Sri Giyarti selaku koordinator pkrs ruang perina

Moderator pada kegiatan penyuluhan kesehatan kali ini adalah Rifki Sidiq dan Pemberi materi penyuluhan kesehatan adalah Yuni Arisandi yang memberikan penjelasan dengan baik dan runtut. 

Yuni Arisandi menyampaikan Pengertian Perawatan tali pusar, tanda dan gejala infeksi tali pusar dan cara merawat tali pusar

Pengertian

"Perawatan tali pusar adalah cara merawat tali pusar bayi baru lahir sejak di potongnya tali pusar mengering dan lepas yang bertujuan untuk mencegah infeksi."

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala infeksi tali pusar : pangkal tali pusar dan sekitarnya berwarna merah/bengkak. Keluar cairan yang berbau dan bernanah, ada darah yang terus keluar, kejang.

Cara merawat tali pusar:

  1. Mencuci tangan dengan air bersih
  2. Siapkan kapas/kasa dan air hangat
  3. Masukan kasa ke dalam air hangat
  4. Bersihkan tali pusar dan daerah sekitar tali pusar 
  5. Keringkan tali pusar dan biarkan terbuka

Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa halangan, peserta juga tampak aktif mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini.

Sebelum di tutup kegiatan, Pemateri berpesan kepada ibu bayi supaya lebih sabar, tetap semangat, dan jaga kesehatan selama menunggu bayi. 

0 Komentar