Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Diabetus Melitus

 


BANYUMAS - Hari ini Minggu (13/08/2023) bertempat di Ruang Konfren Dahlia, Kepala Ruang Dahlia menggelar Penyuluhan Kesehatan dengan Tema " Diabetus Melitus (DM) "

Sasaran adalah Keluarga / Penanggung Jawab Pasien



Moderator : Agustina Anggarita, S.Kep.,Ns

Pemateri : Sukmawati Cita, S.Kep.,Ns



Apa itu Diabetus Melitus ?

Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).


Tanda / Gejala 

1. Banyak Kencing / Poli Uria

Karena sel-sel di tubuh tidak dapat menyerap glukosa, ginjal mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, penderita jadi lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kencing sehari. Ini berlanjut bahkan di malam hari. Penderita terbangun beberapa kali untuk buang air kecil. Itu pertanda ginjal berusaha singkirkan semua glukosa ekstra dalam darah.

2. Lapar - Banyak Makan 

Rasa lapar yang berlebihan, merupakan tanda diabetes lainnya. Ketika kadar gula darah merosot, tubuh mengira belum diberi makan dan lebih menginginkan glukosa yang dibutuhkan sel.

3. Banyak Minum - Merasa Haus

Dengan hilangnya air dari tubuh karena sering buang air kecil, penderita merasa haus dan butuhkan banyak air. Rasa haus yang berlebihan berarti tubuh Anda mencoba mengisi kembali cairan yang hilang itu

dan masih banyak gejala atau tanda lainnya, bila merasa ada tanda / gejala seperti tsb. segera konsultasikan ke Dokter atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat.



Kegiatan Penyuluhan Berjalan dengan baik dan lancar 

0 Komentar