PERSADIA Cabang Banyumas Gelar Pertemuan Rutin, Berikan Edukasi tentang Diabetes dan Puasa Ramadhan

 


Banyumas - Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Cabang Banyumas menyelenggarakan pertemuan rutin di Aula Thalasemia RSUD Banyumas pada Kamis, 7 Maret 2024. Pertemuan ini dihadiri oleh para penyandang diabetes, keluarga pasien, dokter, perawat, ahli gizi dan para pemerhati diabetes di wilayah Banyumas.



Acara diawali dengan sambutan dari dr. Gigih Rahmandanu, Sp. PD,M.Kes, dokter spesialis penyakit dalam RSUD Banyumas. Dalam sambutannya, dr. Gigih memperkenalkan dokter baru spesialis dalam di RSUD Banyumas yaitu dr. Nirwan Fathur Rahman, Sp. PD.


"Kami harap dengan hadirnya dr. Nirwan, pelayanan bagi pasien diabetes di RSUD Banyumas akan semakin optimal," kata dr. Gigih.




Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Tulus Setiono, Kabid Keperawatan RSUD Banyumas mewakili direktur RSUD Banyumas. Tulus mengucapkan terima kasih kepada PERSADIA atas kontribusinya dalam membantu para penyandang diabetes di Banyumas.


"Semoga pertemuan ini bermanfaat bagi para peserta. Semoga bapak ibu semakin sehat dan mendapatkan kelimpahan berkah," kata Tulus.



Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dr. Nirwan Fathur Rahman, Sp. PD dengan tema "Penyandang Diabetes Bolehkah Berpuasa di Bulan Ramadhan?". Dalam materinya, dr. Nirwan menjelaskan tentang kondisi diabetes dan bagaimana cara para penyandang diabetes menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan.


"Pada dasarnya, penyandang diabetes boleh berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa aman dan tidak membahayakan kesehatan," kata dr. Nirwan.


Dr. Nirwan memberikan beberapa tips bagi penyandang diabetes yang ingin berpuasa, antara lain:

  1. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan memungkinkan untuk berpuasa.
  2. Lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin.
  3. Atur pola makan dan minum yang sehat.
  4. Hindari aktivitas fisik yang berat.
  5. Segera batalkan puasa jika terjadi gejala hipoglikemi (kadar gula darah rendah).


Pertemuan PERSADIA Cabang Banyumas ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi yang bermanfaat bagi para penyandang diabetes di wilayah kabupaten Banyumas.




















0 Komentar