Penyuluhan Kesehatan Ruang Dahlia - Perawatan Post Operasi

Bekali Diri dengan Pengetahuan: Penyuluhan Perawatan Pasca Operasi di Ruang Dahlia RSUD Banyumas


Pada hari Minggu, 9 Juni 2024, Tim PKRS Ruang Dahlia RSUD Banyumas menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan tema "Perawatan Pasca Operasi" untuk para penunggu pasien. Kegiatan ini diadakan di Ruang Dahlia dan dihadiri oleh banyak peserta yang antusias.


Emi Maemunah, S.Kep. Ns., bertindak sebagai fasilitator dalam acara ini. Nabila Alma,S. Kep., Ns., selaku moderator membuka acara dan menyampaikan agenda kegiatan. Materi penyuluhan disampaikan dengan jelas dan informatif oleh Eka Indrianingsih, AMK.



Tujuan utama penyuluhan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para penunggu pasien tentang cara merawat pasien dengan tepat setelah operasi. Melalui penyuluhan ini, diharapkan para penunggu pasien dapat:


  1. Memahami pengertian dan tujuan perawatan pasca operasi
  2. Mengenali tanda-tanda vital yang perlu diperhatikan
  3. Melakukan perawatan luka operasi dengan benar
  4. Membantu pasien dalam mobilisasi
  5. Memberikan nutrisi dan diet yang sesuai
  6. Membantu mengelola nyeri pasien
  7. Mencegah terjadinya komplikasi pasca operasi



Para peserta mengikuti kegiatan penyuluhan dengan antusias dan banyak yang mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait materi yang disampaikan. Salah satu peserta mengungkapkan, "Penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi kami para penunggu pasien. Kami jadi lebih paham tentang cara merawat pasien pasca operasi."


Penyuluhan kesehatan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Banyumas. Dengan membekali para penunggu pasien dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, diharapkan proses pemulihan pasien pasca operasi dapat berjalan dengan lebih optimal.

0 Komentar