Penyuluhan Kesehatan Ruang Hemodialisa - Komplikasi Selama HD

 

Memahami Komplikasi Hemodialisa: Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan


Banyumas, 27 Juni 2024 - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan pasien dan keluarga terkait komplikasi yang mungkin terjadi selama Hemodialisa (HD), tim PKRS Unit Hemodialisa RSUD Banyumas mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan bertema "Komplikasi Selama HD". Kegiatan ini berlangsung di Ruang Instalasi Dialisis RSUD Banyumas dan diikuti dengan penuh antusias oleh para penunggu keluarga pasien Hemodialisa.


Sahra Anisa, S.Kep.,Ns., perawat ruang HD, membuka acara dan bertindak sebagai moderator. Materi penyuluhan disampaikan oleh Novita Anggraeni, S.Kep.,Ns. dan dr. Martin.



Dalam penyuluhan tersebut, para narasumber menjelaskan secara detail tentang berbagai komplikasi yang dapat terjadi selama HD, seperti hipotensi, mual dan muntah, kram otot, dan aritmia jantung. Mereka juga menjelaskan faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi, serta langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.


"Pemahaman yang baik tentang komplikasi HD sangatlah penting bagi pasien dan keluarga," ujar Novita Anggraeni. "Dengan mengetahui apa yang harus diwaspadai dan bagaimana cara menanganinya, pasien dan keluarga dapat lebih siap dalam menghadapi situasi yang tidak terduga."



Dr. Martin menambahkan, "Komplikasi HD umumnya dapat dicegah atau diatasi dengan langkah-langkah yang tepat. Kuncinya adalah komunikasi yang terbuka antara pasien, keluarga, dan tim medis."


Penyuluhan ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Banyak pertanyaan diajukan, menunjukkan tingginya rasa ingin tahu dan kepedulian mereka terhadap kesehatan pasien Hemodialisa.



Tim PKRS Unit Hemodialisa RSUD Banyumas berharap melalui kegiatan penyuluhan ini, pasien dan keluarga dapat lebih memahami komplikasi HD dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pasien selama menjalani proses Hemodialisa.


#Hemodialisa #Komplikasi #PenyuluhanKesehatan #RSUDBanyumas 

0 Komentar