Penyuluhan Karyawan RSUD Banyumas
Hari ini Selasa Wage, 7 Januari 2025 Instalasi PKRS dan Humas RSUD Banyumas memberikan Informasi dan Edukasi Kesehatan
Sasaranya adalah Jajaran Managemen, SPI, IPCN, Ketua Komite, Kepala Instalasi / Ruang.
Pemateri - Soeratno
Ada 4 Besar Layanan yang harus di jalankan di Fasilitas Kesehatan yang ada yaitu :
- Promotif / Promosi - Peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat
- Preventif - Pencegahan Pengendalian Penyakit
- Kuratif - Pengobatan
- Rehabilitatif - Pemulihan Kembali
Istilah Promotif di maksud untuk Peningkatan derajat Kesehatan di era sekarang menjadi Promosi " Market " Upaya peningkatan Penjualan Produk ???
Promosi Kesehatan Rumah Sakit di singkat Menjadi PKRS. Apa itu PKRS ?
PKRS adalah Proses memberdayakan pasien, keluarga pasien, Sumber daya Manusia RS, Pengunjung RS dan Masyarakat Sekitar RS untuk berperan serta secara aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan prilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian derajat kesehatan yang optimal
Kegiatan PKRS / Promosi Kesehatan meliputi :
- Pemberian Informasi dan Edukasi : internal dan eksternal
- Pengembangan Media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE)
- Pedampingan Jejaring Rujukan Edukasi
- Menggalang Kemitraan
Pelayanan Promotif / Promosi Kesehatan Kunci Pokok nya berada di dalam Perubahan Prilaku Individu, dari Prilaku Hidup tidak sehat menjadi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat.
Terkait dengan itu pentingnya Informasi Edukasi Kesehatan untuk mampu di terapkan dalam kehidupan sehari hari bagi Pegawai / Karyawan RS, Pasien dan Keluarga serta Pengunjung dan Masyarakat Sekitar RSUD Banyumas
Informasi dan Edukasi ini bisa di lihat di Rekam Medis baik Edukasi Dokter ataupun Tenaga PPA lainnya.
Informasi dan Edukasi juga bisa secara temu pelanggan - Tatap muka sebagaiman saat Penyuluhan di Unit / Instalasi
Sesi Diskusi dan Tanya Jawab

0 Komentar